Selasa, 01 Juli 2008

JUALAN DI PAMERAN,ENAK TENAAAN....!!!

Pameran adalah ajang yang bisa dijadikan untuk media promosi dan mencari relasi atau konsumen baru.Disamping itu pameran juga bisa dijadikan media untuk berjualan.Saya sendiri belum serius memanfaatkan pameran sebagai media promosi atau berjualan,tetapi banyak teman yang sudah membuktikan kedahsyatan pameran untuk menggenjot omset dan profit perusahaan atau malah untuk mencari relasi baru dalam rangka pengembangan usaha,baik lewat sistem waralaba atau BO lainnya.

Pameran juga bisa sangat luas skalanya,dari mulai pameran di acara sekolah,kampus,tabligh akbar,MUNAS partai,seminar sampai pameran khusus yang dikelola EO profesional seperti book fair,ICRA,PRJ,JFF,FOKUS,dan lain sebagainya.Di jakarta bisa dibilang tiada hari tanpa pameran,karena saking seringnya diadakan pameran dengan beragam tema dan produk.Di JCC saja setidaknya ada 84 kali even pameran di tahun 2008 ini,belum lagi di tempat lain.

Memang sebetulnya hasil dari pameran tidak selalu seketika saat pameran diadakan,tetapi bisa juga langsung meraup untung karena terjadinya penjualan.Contohnya ada seorang teman yang mengikuti pameran ICRA di JCC akhir Juni lalu bisa meraup untung bersih hingga puluhan juta Rupiah hanya dalam 5 hari pameran tersebut.

Ada juga mantan Bos saya yang sekarang ini sangat rajin mengikuti ajang pameran buku,hampir semua ajang book fair di seluruh Indonesia beliau ikuti,entah itu di Jakata atau di luar kota seperti di Malang,Surabaya,Solo,Jokjakarta,Bandung,Padang, bahkan di kota kecil seperti Purwokerto juga beliau ikuti.Memang tidak selalu untung tetapi melihat semangat beliau dalam mengikuti pameran,saya sangat yakin pameran yang diikuti bisa menggenjot omset dan profit perusahaannya.Saya sampai menjuluki beliau Raja pameran.Ada juga seorang teman lain yang bisa membeli mobil baru dari hasil satu kali pameran.Funtastic bukan..?

Bisa juga keuntungan pameran tidak langsung diraih,tetapi bisa mendapatkan banyak rekanan baru yang siap bermitra untuk mengembangkan usaha dengan sistem waralaba atau mendapat banyak agen baru bila memang yang dipakai sistem keagenan.Seperti kisah sukses para senior di TDA yang akhir bulan kemaren mengikuti Jakarta International Franchise,Licence & Business Concept Expo 2008,dalam ajang tersebut banyak mendapatkan tantangan dan relasi baru seperti yang di tulis pak Roni atau ibu Yulia.

Jadi pameran bisa dijadikan sebaga media untuk mempercepat pertumbuhan bisnis kita bila bisa dikelola dengan baik apalagi bila mendapat fasilitas dan kemudahan dari pemerintah melalui departemen terkait atau melalui kemitraan dengan BUMN.

Selamat mencoba n sukses slalu buat Anda…

By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

0 komentar: