Selasa, 25 Maret 2008

MODAL UTAMA ADALAH KEJUJURAN

ISAAC D:"KEPERCAYAAN DAN KEJUJURAN ITU BAGAIKAN MATA UANG,YANG LAKU DIMANA SAJA,DAN NILAINYA TIDAK TERBATAS"
Kebanyakan orang beranggapan bahwa modal utama dalam bisnis adalah uang,baik ketika baru memulai ataupun dalam mengembangkan bisnis itu.Maka banyak orang belum berani memulai bisnis karena merasa modalnya belum cukup,ataupun tidak bisa mengembangkan bisnis yang sudah dijalani hanya karena tidak ada tambahan modal.

Sebenarnya pemahaman tersebut tidak 100% salah,karena memang modal uang juga penting tetapi harus dipahami bahwa sebetulnya modal paling utama dalam bisnis adalah kepercayaan dan kejujuran seperti yang telah dicontohkan oleh Al-Amin Rosulullah.karena dengan modal tersebut kita bisa mendapatkan peluang bisnis yang lebih besar,entah dengan mendapat pinjaman uang ataupun networking yang semakin luas.

Nabi Muhammad saw sendiri telah membuktikan kekuatan sifat jujur ini baik dalam berbisnis ataupun dalam kehidupan bermasyarakat sampai-sampai para kafir Quraisy yang notabene adalah musuh beliau lebih memilih Rosulullah Saw daripada kepada orang lain ketika mau menitipkan sesuatu.

Akan tetapi sangat disayangkan saat ini jarang sekali ummatnya yang mengikuti jejak beliau dalam hal kejujuran.Begitu juga dengan para pelaku bisnis saat ini banyak yang menyepelekan "mata uang" internasional ini yang lebih bernilai daripada Dollar Amerika ataupun Yuronya Eropa.Saya sendiri menjumpai banyak pebisnis yang mulai redup usahanya bahkan ada yang hancur lebur karena tidak bisa menjaga kepercayaan yang diberikan para relasi bisnisnya.
Dan faktanya,sangat sulit sekali untuk mendapatkan modal kepercayaan itu lagi bila pernah tercoreng dengan kasus ini atau bahkan tidak sama sekali.
Bagaimana dengan Anda...?,Berapa nilai "kurs"kejujuran Anda bila diRupiahkan..?

Salam sukses slalu...
By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

0 komentar: