Kamis, 24 April 2008

PELUANG USAHA ITU ADA DI SEKITAR ANDA

Kalau kita jeli sebetulnya peluang usaha itu "berserakan" dimana-mana dan tinggal memunguti saja.Tidak percaya..?

Coba Anda perhatikan apa yang ada dirumah Anda?,Atau apa kebutuhan Anda sehari-hari,kebutuhan anak Anda,kebutuhan keluarga Anda..?

Bukankah kita mempunyai salah satu atau semua dari kebutuhan hidup saat ini seperti: sandal,sepatu ,tas,kaos kaki,baju,celana,CD,kaos,dompet,topi,HP,TV,meja,kursi,kasur,bantal,sabun,piring,sendok,sepeda motor,mobil dan bermilyar kebutuhan yang lainya.

Dalam setiap pemenuhan kebutuhan kita pasti ada usaha/bisnis yang sudah dijalankan orang lain,berarti Anda juga bisa membuka usaha yang sama kan..?

Karena sebetulnya setiap bisnis itu muncul adalah untuk memberikan solusi dari masalah yang dihadapi manusia dan untuk memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan.Dompet dibuat biar uang Anda tidak berantakan atau biar memudahkan copet mengutil uang Anda...he...hee....heee.

Saya sering mendengar dari banyak teman yang berkeinginan untuk membuka usaha yang Islami tetapi sayangnya banyak yang berpaham bahwa usaha yang islami itu "hanya" antara toko buku Islam atau toko busana muslim.
Jadi bagaimana dengan bisnis/usaha yang lain,apakah tidak islami?

Tentu pemahaman yang sempit itu harus diluruskan,karena sebetulnya bisnis apapun asal tidak melanggar rambu-rambu hukum mu'amalah bisa dibilang Islami bila dilandasi niatan yang baik pula.

Misalnya:Apakah berbisnis sandal itu Islami ?.Relatif,bisa iya bisa tidak.tergantung caranya dan niatnya.Bukankah kita harus pakai sandal kalau pergi ke masjid.

Eeh maaf kok jadi nglantur....

Sebetulnya untuk menemukan sebuah ide bisnis itu sangat mudah,Anda tinggal tengok kiri atau tengok kanan pasti ketemu,kalau belum ketemu lihat kebawah atau keatas...ha...haa..aaa.

Mungkin ini sedikit trik atau kiat yang bisa membantu Anda dalam menemukan sebuah peluang bisnis yang sebetulnya sedang menunggu untuk Anda "pungut":

1.Temukan bisnis dari hobi atau kegemaran Anda.
Anda hobi makan seperti pak Bondan..?,buka aja restoran.Anda hobi jalan-jalan?,bisa buka usaha biro travel.Dll

2.Temukan peluang bisnis dengan memenuhi kebutuhan banyak orang.
Buka foto kopi dekat kampus,misalnya atau buka Warteg dekat perkantoran.Dll

3.Temukan bisnis dengan memberi solusi bagi masalah yang di hadapi orang.
Contohnya;Rental payung saat hujan,Tambal ban motor atau mobil untuk memberikan solusi bagi orang yang mengalami ban bocor.Dll

4.Temukan usaha dari padu padan dari beberapa usaha.
Misalnya;Memadukan antara bisnis travel dan jasa paket barang.

5.Temukan bisnis dengan cara melawan arus pada umumnya.
Misalnya:Membuka restoran yang gelap gulita seperti yang ada di Bandung padahal pada umumnya restoran selalu terang benderang.

6.Meniru usaha orang lain yang sudah sukses.
Dengan menyontek bisnis orang lain akan menghindarkan kita dari trial & error

7.Membeli waralaba juga jadi pilihan yang menarik untuk membuka usaha.
Sekarang banyak sekali waralaba lokal maupun multinasional yang sedang berkembang pesat.Pilihanya sangat beragam mulai dari modal puluhan juta hingga milyaran rupiah,tergantung kecenderungan dan kocek Anda.
Semoga dari beberapa poin diatas bisa meninspirasi Anda yang hendak memulai usaha untuk segera memulai.Karena tanpa adanya action sebanyak apapun ide akan tetap menjadi onggokan ide saja yang tidak ada gunanya.

Selamat berpetualang di dunia bisnis dan rasakan bedanyaaa.....
By:Mukhlis owner BM.Raihan

0 komentar: