Selasa, 27 Mei 2008

BISNIS DI GANG SEMPIT DENGAN OMSET SEMILYAR PERBULAN

Saya membayangkan bila seandainya disetiap gang yang ada di Jakarta ada sekumpulan pelaku bisnis dengan omset semilyar perbulan,berapa banyak omset yang akan diraih ?.Coba kita anggap saja di Jakarta ada 1.000 gang yang produktif,maka akan didapat omset 1 trilyun Rupiah perbulan,suatu jumlah yang sangat funtastik.

Tetapi mungkinkah itu bisa menjadi kenyataan ?,menurut saya sih mungkin saja terjadi.paling tidak saya melihat ada dua gang disekitar tempat tinggal saya yang menurut hitungan kasar saya sudah mencapai omset satu milyar perbulan dari beberapa usaha yang dikendalikan dari rumah atau dijalankan di rumah yang berada di gang tersebut.

Usaha yang dijalankan di dua gang tersebut juga beragam,mulai dari jualan voucher,toko busana muslim,agen teh botol Sosro,foto kopi,penerbit buku,toko buku,warnet,konter jus,toko kelontong,kos-kosan dll.

Dan saya juga yakin banyak gang lain yang ada di jakarta lebih produktif daripada dua gang yang saya maksud diatas.

Memang salah satu faktor yang paling penting dalam membuka usaha adalah faktor lokasi yang strategis.Tetapi setiap tempat yang strategis/ramai pasti mahal.Mau bukti...?.Di blok A pasar Tanah Abang misalnya,sewa tempat 4 meter persegi saja bisa sampai 100 juta pertahun,di depan Carefour Cempaka mas dengan ukuran yang sama bisa sampai 15 juta perbulan...Alamaaak mahal amat.

Begitu juga dengan mall-mall lain yang sudah ramai.Kalau yang masih sepi yaa...murah banget bahkan biaya sewa bisa nol rupiah alias gratis,tapi harus siap "bengong" beberapa tahun...he..hee...heee....dan kalau sudah ramai harga sewa juga ikut mahal.

Jadi pilihannya adalah sewa tempat yang mahal tetapi ramai dan strategis dengan harapan omset langsung meledak atau cari yang murah tetapi sepi dan sunyi sehingga omsetpun melompong.Yang paling enak sih,sewa tempat yang murah tapi penjualanya meriah atau malah nggak usah bayar sewa.

Bagaimana caranya...?.Salah satu caranya adalah memulai atau merintis usaha dari rumah atau tempat tinggal kita,entah masih sewa atau sudah hak milik.Banyak sekali alternatif usaha yang bisa di mulai dan dikendalikan dari rumah,diantaranya:

#Berjualan via internet atau membuat webstore seperti yang telah dilakukan oleh para senior di TDA,seperti pak Roni dengan Manet-nya,pak Rosihan dengan Muslim distro-nya atau pak Teguh dengan Rumah Muslimah-nya.Terbukti dengan berjualan via internet biaya sewa dan lainya bisa sangat murah,kalau nggak salah merintisnya juga dari rumah walaupun sekarang sudah pindah ke ruko atau tempat yang lebih strategis.

#Menjadi produsen busana,makanan,minuman,tas,sepatu,eksesoris dan lain sebagainya lalu bekerjasama dengan para pedagang dipasar atau dengan orang yang sudah punya pangsa pasar atau punya jaringan.

#Menjual busana,buku,sepatu atau produk lainya dengan mempromosikan di media yang sesuai dengan target market kita atau nebeng iklan dengan menjadi agen produk yang sering diiklankan.Saya sudah membuktikan dengan cara ini,tempat kita yang tidak strategis bisa ramai oleh pengunjung dan enaknya adalah,kompetisi harga tidak seketat ketika membuka toko di pasar,jadi untung yang didapat akhirnya lebih banyak.

#Membuka usaha catering atau sejenisnya,semisal jual kambing Aqiqah sekaligus masaknya.Terbukti banyak catering yang sukses dan bermula dari rumah yang berada dalam gang yang sempit.

#Usaha laundry juga bisa di mulai dari rumah.Prospeknya juga sangat bagus karena sudah menjadi kebutuhan penduduk kota yang semakin sibuk.

#Menjadi penerbit buku juga bisa di mulai dari tempat tinggal kita,ada banyak teman yang sudah menikmati usaha dalam bidang ini dan menuai sukses.

Dan masih banyak sekali alternatif usaha lainya,tergantung kecenderungan serta keahlian dan hobi kita.Intinya adalah bagaimana kita bisa merintis usaha walaupun bermula dari rumah atau tempat tinggal dengan omset yang dahsyat.

Bila banyak yang menyadari potensi rumah sebagai basis usaha maka secara otomatis akan membuka lapangan kerja bagi warga sekitar sehingga bisa membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dan tidak mustahil bila banyak gang di Jakarta atau kota-kota lain yang bisa di sebut GANG SATU MILYAR...atau malah lebih,semogaa....

Salam sukses slalu...

By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

Minggu, 25 Mei 2008

SEABAD KEBANGKITAN NASIONAL

Ada yang menarik dalam iklan 100 tahun kebangkitan nasional yang diperankan sang aktor beken Deddy Mizwar.Dengan gayanya yang khas,kita bisa menangkap berjuta makna dan perenungan....
Coba kita simak ulang apa yang diucapkan sang Ahli...

Bangkit itu...Susah.
Susah melihat orang lain susah.
Senang melihat orang lain senang.

Bangkit itu...Takut.
Takut korupsi.
Takut makan yang bukan haknya.

Bangkit itu mencuri.
Mencuri perhatian dunia dengan prestasi.

Bangkit itu marah.
Marah bila martabat bangsa dilecehkan.

Bangkit itu malu.
Malu jadi benalu.
Malu karena minta melulu.

Bangkit itu...Tidak ada.
Tidak ada kata menyerah.
Tidak ada kata putus asa.

Bangkit itu...Aku
Untuk Indonesia-ku.

Sebagai pengusaha atau calon pengusaha,mungkin kita bisa menambahkan beberapa bait untuk memompa semangat kewirausahaan kita,misalnya...

Bangkit itu..Menyontek.
Menyontek yang baik.
Mencoret yang jelek.

Bangkit itu...Tuli.
Tuli bila dilecehkan dan di cibir.

Bangkit itu...Cuek.
Cuek bila di tolak.
Cuek bila ketemu kata tidak.

Bangkit itu...Buta.
Buta dari para penggoda.

Bangkit itu...Rakus.
Rakus terhadap kerja cerdas.
Rajus...kerja keras.

Bangkit itu...Malas.
Malas tidak produktif.
Malas tidak berkarya.

Bangkit itu...Benci.
Benci terhadap kecurangan.
Benci...keculasan.

Bankit itu....Kita semua.
Untuk kejayaan nusantara...

Salam sukses luar biasa...

By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

Rabu, 21 Mei 2008

10 KARAKTER KONSUMEN INDONESIA (Bagian Pertama)

Inilah karakter-karakter konsumen Indonesia yang harus kita pahami agar lebih mudah dalam menyusun strategi pemasaran.
Postingan ini saya sarikan dari majalah Marketing edisi khusus.
10 karakter khas konsumen Indonesia ini adalah hasil dari pengamatan Bapak Handi Irawan D yang sudah puluhan tahun bergelut di dunia riset pemasaran.
Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca majalahnya langsung.

Indonesia memilki lebih dari 220 juta penduduk dengan ratusan suku yang tersebar di berbagai pulai.Sekalipun berbeda-beda suku dan bahasa,namun pasti ada kesamaan karakter,yang bisa dijadikan patokan bagi para marketer untuk menjalankan strategi marketing.10 karakter unik konsumen Indonesia bisa di jadikan referensi yang pas untuk itu.Namun Anda harus hati-hati menyelami karakter ini.

10 karakter unik itu adalah:

Karakter #1:BERPIKIR JANGKA PENDEK.
Ternyata sebagian besar konsumen Indonesia hanya berpikir jangka pendek dan sulit diajak berpikir jangka panjang salah satu cirinya adalah dengan mencari yang serba Instan.Makanya produk semacam Extra Joss,Hemaviton Jreng,Indomie dan lain sebagainya laris manis.

Sebaliknya masih sangat susah sekali memasarkan asuransi pada sebagian besar penduduk indonesia karena konsumen cenderung enggan melakukan investasi (dalam bentuk apapun) yang hasilnya bisa dinikmati mungkin belasan tahun ke depan.

Salah satu strategi yang masih ampuh untuk konsumen berpikiran pendek adalah dengan memberikan DISKON dan hadiah langsung.Survei AC Nielsen menunjukkan 76% pembeli menyukai diskon harga dan 18% menyukai hadiah langsung.Saya sudah sering kali membuktikan strategi ini.

Karakter #2:TIDAK TERENCANA.
Konsumen Indonesia termasuk konsumen yang tidak terbiasa merencanakan sesuatu.Sekalipun sudah,tapi mereka akan mengambil keputusan pada saat-saat terakhir.kebiasaan ini mirip dengan kebiasaan konsumen nomer satu.Namun jika kebiasaan pertama tidak melihat jauh ke depan,kebiasaan kedua ini tidak menyiapkan sesuatu jauh di belakang.

Mungkin rata-rata kita dulu juga mengenal SKS (sistem kebut semalam) dalam belajar atau dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu.Termasuk dalam mendaftar seminar sampai membayar tagihan,semua dilakukan dalam waktu yang mepet.

Salah satu bentuk perilaku konsumen yang tidak punya rencana adalah terjadinya IMPULSE BUYING (membeli tanpa rencana/spontan membeli ketika tertarik dengan sebuah produk).Berdasarkan survei Nielsen,ternyata 85% pembelanja ritel modern cenderung untuk berbelanja sesuatu yang tidak direncanakan.Strategi yang paling baik untuk karakter ini adalah dengan membuat display semenarik mungkin dan strategis tempatnya atau bisa juga di bantu dengan SPG.

Karakter #3:SUKA BERKUMPUL.
Kebiasaan suka berkumpul sudah melekat dalam budaya konsumen kita,sampai adalah istilah "mangan ora mangan ngumpul" dalam masyarakat jawa.
Strategi paling efektif untuk karakter ini adalah strategi komunikasi Word of mouth,ini terbukti dari riset para pembeli rumah lewat KPR,awarenness tertinggi konsumen terhadap produk KPR bukanlah berasal dari iklan atau brosur,tetapi justru datang dari teman atau relasi.Hal serupa juga terjadi dalam pembelian minyak pelumas.

Kesuksesan yang di raih Amanda brownies dan Kartika Sari dari Bandung juga mengandalkan strategi ini.Kata kunci dari strategi word of mouth ini adalah terletak pada opinion leader dari komunitas yang ada.Sebab jika sang pemimpin bisa diyakinkan pada sebuah merk,maka dia akan memberikan rekomendasi kepada komunitasnya.

KARAKTER #4:GAGAP TEKNOLOGI.
Rendahnya penetrasi teknologi tinggi di indonesia menunjukkan bahwa mayoritas konsumen kita relatif masih "gaptek" sehingga adopsi terhadap suatu teknologi relatif jauh lebih lambat.

Hal ini tampak dalam survei Frontier tentang alasan konsumen tidak menggunakan mobile banking,32,66% mengatakan tidak tahu mengoperasikannya dan 16,75 menganggapnya tidak aman.begitu juga dengan penetrasi penggunaan internet,baru menyentuh angka 9,0% bandingkan dengan malaysia yang penetrasinya sudah 47,8%.

Rendahnya tingkat penetrasi produk teknologi tinggi ini berhubungan erat dengan dengan tingkat pendidikan masyarakat kita.Namun,jangan pesimis dulu.Sebab,konsumen yang berusia muda kini lebih adaptif dengan teknologi baru karena dorongan arus globalisasi.
Sayangnya,daya beli mereka tidak begitu tinggi.Untuk mengatasi masalah daya beli ini,pemasar bisa mengusung strategi PRICE BUNDLING,seperti yang di lakukan Frent,Esia,Flexi dan yang lainya.Bisa juga dengan mempermudah penggunaanya,seperti yang dilakukan oleh Nokia.

KARAKTER #5:ORIENTASI PADA KONTEKS.
Konsumen kita cenderung menilai dan memilih sesuatu dari tampilan luarnya.Dengan begitu,konteks-konteks yang meliputi suatu hal justru lebih menarik ketimbang hal itu sendiri.
Tiga ciri spesifik konsumen kita dalam menyerap informasi.Pertama,memiliki minat baca yang rendah.kedua,memilih segala sesuatu-baik dari membaca atau menonton- yang ringan dan menghibur.Ketiga,mudah diubah persepsinya.

Dampak dari ciri tersebut terhadap perilaku komsumsi orang Indonesia dibuktikan dengan layanan informasi SMS yang didominasi layanan ring tones dan musik.selain itu tampak pula dengan tingginya rating acara-acara infotainment.Keengganan membaca juga menyebabkan konsumen kurang memperhatikan informasi yang terdapat pada suatu produk.

Banyak produk farmasi yang mempunyai kandungan yang sama persis dan fungsi yang sama tetapi karena cara komunikasinya berbeda,akhirnya persepsi yang tercipta lain pula.sekitar 99% konsumen kita tidak mengerti kandungan obat bebas.
Sementara itu dulu,Insya Allah akan saya sambung pada postingan berikutnya...
Salam sukses slalu....

By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

Selasa, 20 Mei 2008

KEBANGKITAN NASIONAL ANTARA SEREMONIAL DAN LIBUR PANJANG


Kapan kebangkitan nasional dimulai ?.

Siapa yang memulai ?.

Darimana memulai ?.

Kenapa hanya seremonial yang terlewati ?.

Kenapa hanya libur panjang yang menjadi bukti ?.

Kemana para petinggi negeri ?.

Dimana para pemuda-pemudi ?.

Kenapa bukan dari diri sendiri ?.

Kenapa bukan dari saat ini ?.

Kenapa bukan dari yang bisa dimulai ?

Siapa pun kita pasati punya peran dalam negeri ini....

Sebagai pekerja,sebagai pengusaha,sebagai pejabat negara,sebagai punggawa,sebagai kuli batu bara,sebagia peminta-minta ataupun sebagai apapun jua....harusnya punya kontribusi yang nyata bagi kebangkitan nasional yang sedang di gemakan dimana-mana....
Tidak hanya seremonial yang menghamburkan uang belaka tanpa dipetik esensinya...

Bukan juga tanggal merah yang menandakan libur bersama tanpa peningkatkan semangat kerja...

Selamat hari kebangkitan nasional.....semoga kita tidak hanya menikmati liburnya saja...


By:Mukhlis,Owner BM.Raihan


Selasa, 13 Mei 2008

JADI PENGUSAHA...LEBIH BRASA,BERASA LEBIH

Saya terinspirasi oleh sebuah iklan produk rokok,tergantung kita mau menafsirkan apa.
Kalau menurut saya menjadi pengusaha itu...
Lebih brasa tantanganya di banding menjadi karyawan.
Lebih brasa pertumbuhan kreatifitasnya.
Lebih brasa gagalnya.
Lebih brasa bangkitnya.
Lebih brasa berkeringatnya.
Lebih brasa dikomentari negatif sama keluarga.
Lebih brasa punya potensi diri.
Lebih brasa detil-detilnya.
Lebih brasa pengalamanya.
Lebih brasa pengembangan dirinya.
Lebih brasa punya hutang produktifnya.
Lebih brasa berkompetisinya.
Lebih brasa kalau waktu itu sangat berharga.
Lebih brasa pentingnya networking.
Lebih brasa lemburnya.
Lebih brasa capeknya.
Tapi akhirnya ketika sudah menuai sukses dalam berbisnis maka kita bisa mengatakan;menjadi pengusaha itu...
Berasa lebih enaknya.
Berasa lebih hasilnya.
Berasa lebih manfaatnya.
Berasa lebih membantu orang.
Berasa lebih waktu luangnya.
Berasa lebih bahagianya.
Berasa lebih barokahnya.
Berasa lebih nikmatnya.
Berasa lebih uangnya.
Berasa lebih dimata mertua.
Berasa lebih disegani sama tetangga.
Berasa lebih mudah dalam berinfaq.
Berasa lebih mudah bayar ONH.
Berasa lebih mudah kemana-mana.
Berasa lebih gampang mau beli apa saja.
Berasa lebih mak nyuuss dehh....

Gimana menurut Anda...?
Salam sukses slalu...
By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

PELUANG USAHA SEPATU & SANDAL MASIH SANGAT MENGGIURKAN

Mungkin Anda pernah mendengar tentang kisah dua salesman yang di utus oleh sebuah perusahaan sepatu untuk mensurvei peluang bisnis di sebuah wilayah di Irian.
Salesman yang pertama melihat bahwa tidak ada peluang untuk berbisnis sepatu di Irian karena di sana tidak ada orang yang memakai sepatu dan sepatu bukan kebutuhan hidup mereka maka ia menyarankan kepada bosnya untuk menunda sampai masyarakat Irian terbiasa dengan sepatu.

Tetapi salesman yang kedua melihat bahwa justru karena mereka belum bersepatu maka itu adalah sebuah peluang bisnis yang sangat besar dan harus cepat-cepat diambil bila tidak ingin di dahului oleh kompetitor,begitu saran sales kedua kepada bosnya.

Ini adalah masalah sudut pandang yang berbeda juga masalah mental dan kepekaan melihat sebuah peluang,sudut pandang yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula.

Akhirnya sang bos memilih untuk membuka bisnis sepatu seperti yang disarankan oleh sales kedua dan segera menuai sukses.

Sepatu dan sandal adalah kebutuhan primer saat ini,mulai dari bayi yang belum berjalan sampai kakek dan nenek kita juga membutuhkanya.Jadi sepatu dan sandal adalah kebutuhan semua orang,bahkan di kalangan tertentu mayat yang akan dikubur juga masih di pakaikan sepatu.

Kita bisa melihat bahwa peluang bisnis ini masih terbuka lebar,mau jadi produsen,penjual grosiran atau bisa juga menjadi penjual eceran itu terserah Anda.

Saya sendiri memang baru membuka usaha sepatu setahun yang lalu dengan dua kios,di Rawamangun dan satu lagi di Depok.Al-hamdulillah respon konsumen cukup bagus dan cepat.

Ada juga 2 sahabat yang Ustadh,saya kompori untuk memulai bisnis,sekarang keduanya sudah mempunyai toko sepatu dan sandal,keduanya di wilayah Bekasi dengan penjualan yang bagus.Ustadh yang satu bahkan sudah membuka bisnis yang kedua dengan fokus menjual baju anak dan Underwear,sedang ustadh yang satu lagi sedang mencari tempat untuk cabang sepatu yang ke dua.

Kami (saya & istri) juga mendorong beberapa famili untuk take action sebagai pengusaha dan kami rekomendasikan untuk menjual sepatu dan sandal karena beberapa pertimbangan,Al-hamdulillah sudah ada 3 keponakan yang sedang belajar menjadi pengusaha sepatu dan sandal,yang pertama di dekat STEI Rawamangun dengan nama SERBA MURAH,yang kedua di Kelapa Dua Depok dengan merk CANTIK COLLECTION dan yang ketiga di dekat RSI Pondok Kopi dengan nama SERBA MURAH,dan secara umum respon konsumen cukup menggembirakan.

Bila Anda mempunyai rencana membuka usaha ritel,tidak ada salahnya untuk memilih sepatu dan sandal karena pasarnya masih terbuka lebar.Untuk membuktikannya Anda bisa menghitung berapa sepatu dan sandal yang di miliki keluarga Anda dan berapa kali membeli sepatu atau sandal dalam setahun?,lalu kalikan dengan jumlah keluarga di Indonesia,pasti nominalnya funtastic sekali.

Satu lagi bukti yang menguatkan,sekarang ini konsumen cenderung tergiur dengan model yang lagi ngetrend jadi cenderung lebih komsumtif dengan membeli model terbaru walaupun yang lama masih layak pakai.

Untuk kulakan sepatu dan sandal,anda bisa belanja di pasar Jatinegara lantai 2 atau di pasar Anyar Bogor,seperti yang pernah saya tulis pada postingan PETA PASAR GROSIR....

Semoga bermanfaat n salam Funtastic..

By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

Sabtu, 10 Mei 2008

MAU JADI PENGUSAHA ?,MARI BELAJAR MENJADI PRIBADI YANG "MESKIPUN" BUKAN PRIBADI YANG "PADAHAL"

Apaan tuh maksudnya ?,oke..mari kita bahas.Istilah ini pertama kali saya dapat dari Mr.Mario Teguh di acara Business Art di O Channel.
Salah satu syarat menjadi pengusaha atau pebisnis adalah menjadikan halangan atau kendala sebagai tantangan atau sebagai pemicu andrenalin kesuksesan kita.

Menjadi pribadi yang “meskipun” maksudnya adalah menjadi pribadi yang selalu melihat sisi positif dari setiap kendala yang di temui,bukan focus pada masalahnya tetapi focus pada solusinya.Sedang pribadi yang “padahal” adalah kebalikanya,selalu fokus pada masalah di setiap kendala dan tantangan yang ditemui atau dengn kata lain,pribadi yang selalu melihat hambatan pada setiap kesempatan yang di jumpai.

Kalau proses berbisnis kita di ibaratkan seperti anak kecil yang sedang berlatih tengkurap,merangkak berjalan sampai berlari ataupun ketika berlatih berbicara,pasti dalam semua proses itu banyak di temui kendala dan hambatan.Bila sang bayi memakai teori “meskipun” tentu anak tersebut akan tumbuh sesuai harapan atau bahkan melampaui harapan yang kita tetapkan,tetapi bila sang anak selalu menghindar dari semua proses tumbuh kembang tadi dengan menggunakan teori “padahal” maka hasilnya pasti akan mengecewakan.Begitu juga dalam dunia bisnis hukum ini juga akan berlaku.

Maka,marilah belajar menjadi pribadi yang “meskipun”.
Meskipun tidak punya/kurang modal uang tetapi punya modal keberanian,dengan menjadi makelar,atau calo misalnya,Lion Air adalah milik seorang mantan calo tiket bernama Rusdi Kirana.
Meskipun bukan keturunan pengusaha tetapi yakin semua orang bisa menjadi pengusaha dan sudah banyak yang membuktikanya.
Meskipun belum punya pengalaman tetapi mau belajar dan pengalaman tinggal masalah waktu saja.
Meskipun pernah gagal tetapi berani bangkit dan memulai lagi sampai “kegagalan” itu kehabisan energinya untuk mengikuti kita seperti yang di contohkan Soichiro Honda.
Meskipun di tentang keluarga tetapi yakin dan bertekad membahagiakan mereka karena kalau kita sukses merekalah yang paling bangga dengan pilihan kita.
Meskipun masih muda tetapi berani memulai karena energi masih prima dan semangat masih membara sehingga kesuksesan lebih mudah di capai.

Meskipun sudah tua tetapi yakin pasti bisa karena telah banyak buktinya,mbah Kolonel Sanders sang pendiri KFC merintis usahanya ketika sudah berumur 66 tahun dan sekarang cabangnya terus menggurita di seluruh dunia.
Meskipun dimulai dari yang kecil tetapi bertekad menjadi besar seperti Purdi E Chandra dengan Primagama-nya.

Meskipun di lecehkan teman dan kolega tetapi tetap teguh untuk menggapai mimpi tertinggi dan bertekad membuktikan kepada yang melecehkan kita seperti lakon yang diperankan Julianto Eka Putra dalam menggapai mimpinya.
Meskipun pendidikan rendah tetapi yakin dan terus berusaha seperti Andrew Wongso yang tidak lulus SD saja bisa sukses sampai memiliki gelar SDTTTBS (Sekolah Dasar Tidak Tamat Tapi Bisa Sukses).

Meskipun masih bekerja pada orang lain (TDB) tetapi berani memulai memulai merintis usaha tanpa menunggu pensiun.
Meskipun sudah sangat sibuk tetapi masih bertekad mengalokasikan waktu untuk memulai merintis sebuah usaha.

Dan masih banyak meskipun lainya yang bisa Anda buat sendiri untuk segera TAKE ACTION membangun kerajaan bisnis Anda.
Dan kita juga harus berlatih untuk meninggalkan kebiasaan”padahal” yang mungkin sering menghinggapi sehingga memperlambat lankah menuju kesuksesan yang kita idamkan.Misalnya:

Padahal sudah punya modal tetapi masih enggan
Padahal di dukung keluarga tetapi masih ragu.
Padahal banyak peluang tetapi masih menhindar.
Padahal ada tawaran tetapi masih menunggu.
Padahal pendidikan tinggi tetapi masih gengsi.
Dan berjuta “padahal” lainya fersi Anda.

Semoga menjadi inspirasi n mari terus belajar…
Salam sukses slalu……..

By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

TREN BUSANA BATIK SEDANG BOOMING SAMPAI BILL GATES JUGA MEMAKAINYA

Mungkin baru pertama kalinya bagi Big boss Microsoft ini mengenakan batik,seperti yang di beritakan Detik.com,sampai-sampai Presiden SBY harus mengganti kostumnya dari jas lengkap berdasi,menjadi baju batik lengan panjang,fenomena apakah ini ?.

Menurut saya ini fenomena yang menarik dan sebuah peluang besar yang patut untuk diambil,menurut pengamatan kecil-kecilan saya memang sedang terjadi pergeseran arah tren busana ke arah busana bernuanasa batik atau paling tidak busana batik semakin di gandrungi.

Salah satu buktinya adalah pada saat tanggal 1 Mei kemaren yang bertepatan hari libur ada yang berbeda pada lantai 2 Blok A pasar Tanah Abang,terjadi kepadatan pengunjung yang luar biasa pada lantai tersebut yang memang dikhususkan untuk berjualan batik.

Bukti yang lain adalah banyak supplyer kami yang mulai membuat busana bernuansa batik,seperti rok,blus bahkan ada yang sedang mendesain jilbab dengan aplikasi batik.
Atau ada juga teman yang sedang “panen raya” karena dagangan batiknya laris manis,atau teman yang lainya sedang mendapat happy problem karena sedang kewalahan melayani order busana batik bernuansa politis karena beliau fokus melayani pesanan dari para kader PKS.Dan kayaknya masih banyak bukti lain yang belum saya ketahui tetapi saya yakin kalau tren busana batik sedang menuju booming.

Ini adalah sebuah kesempatan buat para pengusaha di bidang garmen untuk memanfaatkan momentum ini sebaik mungkin untuk meraup keuntungan yang berlimpah.
Bagaimana dengan Anda,berminat mengambil peluang yang sedang hot ini?Atau Anda sudah mengambilnya ?.
Salam sukses slalu….

By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

Kamis, 08 Mei 2008

MENJADI PENGUSAHA,SIAPA TAKUT ?

Kenapa takut menjadi pengusaha?.
Padahal dengan menjadi pengusaha itu banyak enaknya.Misalnya;

#Dengan menjadi pengusaha bisa menjadi diri sendiri sehingga bisa mengexpresikan semua potensi diri dengan lebih maximal.
#Bisa bertumbuh lebih cepat baik dalam pengembangan potensi diri atau bisnis kita.
#Bisa membantu lebih banyak orang,minimal membantu orang lain bekerja pada kita.
#Tidak ada yang mengatur dan menyuruh kita seperti ketika masih menjadi karyawan (TDB) kecuali aturan yang kita bikin sendiri.
#Bisa naik gaji kapan saja sesuai pertumbuhan bisnis kita,ketika saya bandingkan penghasilan kami (saya dan istri) setelah setahun merintis usaha sudah naik sekitar 10 kali lipat di banding penghasilan kami ketika masih menjadi karyawan.
#Mau lembur atau libur terserah kita.

Dan masih banyak hal lainya yang hanya bisa dinikmati oleh para pengusaha.
Tetapi yang sering membuat orang belum berani untuk memulai sebuah usaha adalah karena sudah dalam zona nyaman.Walaupun sebetulnya zona nyaman itulah yang tidak aman untuk masa depan kita.

Beberapa alasan yang sering muncul kenapa belum merintis usaha sendiri adalah:
@Tidak punya modal
@Takut gagal
@Trauma karena pernah gagal atau melihat orang lain gagal
@Tidak punya pengalaman
@Tidak didukung keluarga
@Masih ragu-ragu
@Belum menemukan bisnis yang cocok
@Tidak punya waktu lagi karena masih menjadi pekerja
@Tidak berbakat menjadi pengusaha/bukan keturunan pengusaha
@Gengsi atau malu
@Masih terlalu muda
@Sudah terlalu tua
@Tidak bisa atau tidak biasa jualan
@Sudah banyak pesaing/takut bersaing
@Menunggu pensiun

Dan masih banyak sekali alasan lain yang menghalangi seseorang untuk memulai sebuah usaha,saya jadi teringat ketika dulu menekuni bisnis MLM,ada presentasi khusus yang namanya HANDLING OBJECTION,yaitu bagaimana menjawab semua alasan tadi dan meluruskan pandangan serta merubah sudut pandang agar kita bersemangat dalam menekuni bisnis ini.
Dari semua alasan tadi sebetulnya bisa di jawab dengan rumusnya seorang artis bernama Dolly Parton yang pernah mengatakan:"Saya tidak pernah BERHENTI MENCOBA,dan tidak pernah MENCOBA untuk BERHENTI".

Bila kita memakai rumus tersebut semua alasan di atas akan hilang dengan sendirinya dan kita siap mengatakan:"Menjadi pengusaha,siapa takut ?", seperti yang dikatakan oleh kucing diatas:"Menjadi kucing,siapa takut ?",walaupun begitu banyak anjing yang seram dan siap menerkam tetapi kucing tersebut tidak menjadikan hal itu sebagai penghalang untuk berhenti melangkah menuju "impian" sang kucing.
Dan akhirnya kita siap memulai sebuah petualangan untuk menjadi pebisnis yang tangguh dan sukses.
Semoga bermanfaat and see U @ the Top........

By:Mukhlisin,Owner BM.Raihan

Selasa, 06 Mei 2008

21 PERBEDAAN POLA PIKIR DAN TINDAKAN ORANG KAYA DAN MISKIN

Hidup adalah deretan pilihan,kita sadari atau tidak sebetulnya setiap saat kita sedang memilih.Memilih untuk sehat atau sakit,memilih kaya atau miskin,memilih rajin atu malas,memilih jadi pengusaha atau karyawan,memilih sibuk atau bengong,memilih teman yang baik atau yang buruk,memilih membaca buku atau menonton TV,memilih menjadi “sopir” atau “penumpang”,dan berjuta atau bermilyar pilihan-pilihan kecil yang akan membingkai arah masa depan kita dengan izin Allah tentunya.

Paling tidak ada 21 pola pikir dan tindakan yang membedakan antara orang kaya atau yang sedang merencanakan untuk kaya dan pola pikir orang miskin,ini saya dapatkan dari seminar Financial Revolutionnya Tung Desem Waringin,Ke 21 pola pikir itu adalah:

1.Orang kaya MEMBUAT NILAI TAMBAH sedang orang miskin TIDAK MEMBUAT/SEDIKIT NILAI TAMBAH.
2.Orang kaya MEMPUNYAI FAKTOR KALI sedang orang miskis TIDAK PUNYA FAKTOR KALI.
3.Orang kaya memastikan orang lain WIN,baru dia WIN sedang orang miskin memastikan WIN dulu,orang lain baru WIN (atau yang lebih jelek lagi dia WIN orang lain LOSE).
4.Orang kaya PENUH DAYA UPAYA (selalu berdaya/resourcesfulnes) sedang orang miskin PENUH ALASAN
5.Orang kaya BERTANGGUNG JAWAB terhadap dirinya sedang orang miskin selalu MENYALAHKAN situasi,lingkungan,orang lain dan nasib (MENCARI KAMBING HITAM).

6.Orang kaya bermain dengan uang untuk MENANG sedang orang miskin bermain dengan uang untuk TIDAK KALAH.
7.Orang kaya BERKOMITMEN UNTUK MENJADI KAYA sedang orang miskin INGIN MENJADI KAYA.
8.Orang kaya BERPIKIR BESAR sedang orang miskin BERPIKIR KECIL.
9.Orang kaya fokus pada KESEMPATAN sedang orang miskin fokus pada HAMBATAN.
10.Orang kaya MENGAGUMI orang kaya dan sukses lainya sedang orang miskin IRI/DENGKI pada orang kaya dan sukses.

11.Orang kaya BERGAUL dengan ORANG POSITIF DAN SUKSES sedang orang miskin BERGAUL dengan ORANG NEGATIF DAN TIDAK SUKSES.
12.Orang kaya bersedia untuk MEMPROMOSIKAN DIRI mereka dan nilai-nilai mereka sedang orang miskin BERPIKIR NEGATIF tentang penjualan dan promosi.
13.Orang kaya LEBIH BESAR dari pada MASALAH mereka sedang orang miskin LEBIH KECIL dari MASALAH mereka.
14.Orang kaya adalah PENERIMA YANG LUAR BIASA sedang orang miskin adalah PENERIMA YANG BURUK.
15.Orang kaya memilih DIBAYAR BERDASARKAN HASIL sedang orang miskin memilih DIBAYAR BERDASARKAN WAKTU.

16.Orang kaya berpikir “DUA-DUANYA” sedang orang miskin berpikir “SALAH SATU/ATAU”
17.Orang kaya FOKUS pada WEALTH STYLE (MASSIVE & PASIF INCOME) mereka sedang orang miskin FOKUS pada LIFE STYLE (GAYA HIDUP) mereka.
18.Orang kaya MEMANAGE UANG mereka dengan BAIK sedang orang miskin TIDAK MEMANAGE UANG mereka dengan baik.
19.Orang kaya membuat UANG BEKERJA KERAS UNTUK MEREKA sedang orang miskin membuat diri mereka BEKERJA KERAS UNTUK UANG.
20.Orang kaya bertindak MELAWAN KETAKUTAN MEREKA sedang orang miskin membiarkan ketakutan MENGHENTIKAN MEREKA.
21.Orang kaya TERUS MENERUS BELAJAR DAN BERTUMBUH sedang orang miskin BERPIKIR MEREKA SUDAH TAHU.

Dengan mengetahui ke 21 pola pikir dan tindakan ini maka kita bisa mengevaluasi diri,apakah pola pikir dan tindakan kita sudah sesuai dengan pola pikir dan tindakan orang kaya ?,Bila belum maka kita harus segera merubahnya bila tidak,maka berarti kita secara sengaja memilih menjadi orang miskin….
Semoga bermanfaat and sala sukses slalu…

By;Mukhlis,owner BM.Raihan

Minggu, 04 Mei 2008

DI MANAKAH KUNCI SUKSES ITU ?

Bila ada sebuah iklan dikoran berbunyi;Dicari KUNCI SUKSES yang hilang disekitar Monas.Barangsiapa yang menemukan harap menghubungi Polda Metro jaya atau menghubungi saya langsung di;085555555555.

Bagi Anda yang menemukan akan mendapatkaan hadiah 10 Milyar Rupiah cash keras.Apa yang akan Anda lakukan bila membaca pengumuman tersebut…?Jawabannya terserah Anda,karena mungkin pengumuman itu tidak pernah ada.

Tetapi pada hakekatnya setiap orang pasti mencari KUNCI SUKSES-nya sendiri-sendiri,dan bisa berbeda antara satu dan yang lainya.Walaupun sebetulnya KUNCI SUKSES itu bisa di DUPLIKAT seperti halnya kunci rumah Anda.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa KUNCI SUKSES itu bisa di duplikat sehingga untuk mencapai sebuah kesuksesan memerlukan waktu yang lebih panjang serta energi yang lebih besar karena harus mengalami trial & error yang terlalu banyak.

Akan lebih baik bila mengambil pelajaran dari pengalaman pendahulu kita dan kita tinggal meniru atau menduplikasi dengan memodifikasi seperlunya karena sebuah formula kesuksesan yang telah menghantarkan seseorang mencapai sebuah kesuksesan pasti juga berlaku bagi orang lain bila mau melakukan formula yang sama.

Bagaimana cara menduplikat KUNCI SUKSES ?,sehingga lebih mudah untuk menggapai kesuksesan.Jawabannya akan sangat beragam dan panjang sekali,diantaranya adalah apa yang di tulis oleh DR.IBRAHIM HAMD AL-QU’AYYID dalam bukunya 10 KEBIASAAN MANUSIA SUKSES TANPA BATAS yang versi Indonesianya diterbitkan oleh Maghfirah pustaka.

Dengan meniru 10 kebiasaan ini sebetulnya kita sedang menduplikasi sebuah KUNCI SUKSES untuk “membuka pintu” kesuksesan yang kita idamkan.
10 kebiasaan itu adalah:
1.Berusaha mencapai keunggulan.
2.Menentukan tujuan.
3.Membuat rencana.
4.Menyusun prioritas.
5.Fokus.
6.Manajemen waktu.
7.Berjuang melawan diri sendiri.
8.Kepiawaian berkomunikasi.
9.Berpikir positif.
10.Seimbang.

Siapapun yang memiliki 10 kebiasaan tersebut dipastikan akan mencapai kecermelangan hidup ditandai dengan kesuksesan di berbagai bidang kehidupan.
Semoga bermanfaat dan salam sukses Slalu….
By:Mukhlis,Owner BM.Raihan

Sabtu, 03 Mei 2008

DAFTAR 100 FRANCHISE PALING GRESS 2008 (Bag Terakhir)

Ini adalah tulisan terakhir dari DAFTAR 100 FRANCHISE PALING GRESS 2008 yang saya nukil dari majalah DUIT edisi Khusus.
Pada saat ini sebetulnya lebih mudah untuk membeli waralaba karena banyak sekali pilihan dari mulai kelas gerobak seharga 5 juta sampai kelas gedongan seharga 5 Milyar juga ada.Tergantung kocek Anda.

Semoga bisa membantu para sahabat yang berkeinginan membeli waralaba.Untuk nomer 1-50 Anda bisa membaca pada postingan sebelumnya.

51.King Fries.Bidang Usaha (BU):King Fries.Tlp:0812 3333 88626
52.Kiwi Kids Preschool.BU:Pendidikan Pra Sekolah.Tlp;021-86903452
53.Klenger Burger.BU:Kedai burger.Tlp:021-821640
54.Kursus baca Tulis 3A.BU:Kursus Baca Tulis Pra Sekolah.Tlp:0274-561089
55.Lembaga Pendidikan Musik Chic’s.BU:Lembaga Pendidikan Musik.Tlp:021.489 3333
56.Laena Tour & Travel Center.BU:Biro Perjalanan.Tlp:021-8299349
57.LJM.BU:Spare Part,service,Bubut,Las,Bubut,Las & Korter Sepeda Motor.Tlp:021.8406384
58.Macsauto.BU:Salon Motor dan Mobil.Tlp;0274-377612
59.MagFood Amazy.BU:Gerai Ayam Goreng Dan potatoes Crips.Tlp:021-7250449
60.Master Chicken.BU:Gerai Ayam Goreng.Tlp;0260-414492
61.Meji Mejiku.BU:Salon Khusus Kuku.Tlp:021-6904886
62.Motor Bridal.BU:Salon Sepeda Motor.Tlp:021-574 5555
63.My Way.BU:Gerai Steak.Tlp:021-4704546
64.Nakamura The Healing Touch.BU:Griya Pijat Refleksi.Tlp:0271-646819
65.Nasi Uduk Gondang dia.BU:Nasi Uduk.Tlp:021-31935131
66.Net Ezy.BU:Warnet.Tlp:021-6336880
67.OZ Krepes.BU:Gerai Krepes.Tlp:021-8305610
68.P-Man.BU:Makanan (Pisang Goreng).Tlp:021-7974573
69.PanelNeon.BU:Gerai Pembuatan Neon Sign.Tlp:022-70123440
70.Panorama Word.BU:Tour & Travel.Tlp;021-25565 000
71.Pizza Kriuk.BU:Kedai Fast Food.Tlp:021-821640
72.Prima Macell.BU:Kursus Tehnisi Ponsel.Tlp:0274-7887557
73.Pusat Sertifikasi Profesi.BU:Pusat Sertifikasi.Tlp:021-5260388
74.Quick Cut.BU:Pangkas Rambut.Almt:Jl.Mangga besar Raya No.5F Jak Bar
75.Radja Bakso.BU:Kedai Bakso.Tlp:021-30025220
76.Raja Motor.BU;Aksesoris & Spare Part motor.Tlp:021-84596707
77.Red Crispy.BU:Kedai Ayam Goreng.Tlp;021-7373413
78.Rodeo Steak Restaurant.BU:Resto Steak.Tlp;021-8713548
79.RPX.BU:Gerai Logistik.Tlp:021-75911800
80Saint Anna Education Centre.BU:Pendidikan Prasekolah.Tlp:021-4416761
81.Seven Days.BU:Ritel.Tlp:021-7030 7777
82.Sinergi Fitness.BU:Tempat Kebugaran.Tlp:021-68101143
83.Smart Science.BU:Kursus Sain Untuk Anak-Anak.Tlp:0274-561089
84.SopKan Resto.BU:Restoran.Tlp:021-4526136
85.Soto Suroboyoan.BU:Makanan.Tlp:021-4704546
86.SpotBordir.BU:Bordir:022-70123440
87.Suga Fried Chicken & Kebab.BU:Gerai Ayam Goreng & Kebab.Tlp:021-84993920
88.Super Kids.BU:Pendidikan Prasekolah.Tlp:021-71792880
89.Ta B’nana.BU:Pisang Goreng.Tlp;021-70743589
90.Tela Krezz.BU;Gerai Camilan dari Singkong.Tlp:0274-7000211
91.Tela Tela Fried cassava.Gerai Camilan dari Singking.Tlp;0274-485356
92.Tintaku.BU:Tinta Isi Ulang.Tlp:031-70916051
93.TK Pelangi Nusantara.BU;Prasekolah.Tlp;0274-561089
94.Tren Valasindo.BU:Money Changer.Tlp:021-5704506
95.Tunas jakasampurna.BU:Prasekolah.Tlp:021-8207932
96.UM-1 Salon Mobil & Motor.BU:Salon Mobil & Motor.Tlp:021-98292014
97.Warnet kubus.BU:Warnet.Tlp:022-2041190
98.Wenhua Mandarin Language.BU:Kursus Bahasa mandarin.Tlp;021-5260388
99.Yami Bento.BU:Japanese Fast Food.Tlp:021-8607355
100.Yomart.BU:Minimarket.Tlp:022-7208220

Selamat memulai usaha baru dan sukses slalu….
By:Mukhlis,Owner BM.Raihan